Bagian-Bagian Microsoft Excel Fungsi kegunaannya – Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data. Maka tak heran jika Excel seringkali digunakan untuk keperluan administrasi perusahaan. Karena aplikasi ini sangat lengkap dan sangat penting dalam proses pengolahan data perusahaan. Selain itu, Excel juga memiliki formula yang memudahkan kita melakukan sebuah perhitungan dalam pengolahan data tersebut. Aplikasi ini juga sangat penting dalam pembuatan grafik tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Aplikasi Microsoft Excel ini berupa lembaran kerja atau spreadsheet yang mempunyai fitur-fitur kalkulasi yang baik dalam membantu kita semua untuk kebutuhan pekerjaan kantor. Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.
Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft
Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki
banyak sekali fungsi antara lain,
1. Membuat
sebuah laporan keuangan
2. Membuat
Daftar Nilai
3. Membuat
daftar hadir
4. Melakukan
operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
5. Menghitung
Kurs Mata Uang
6. Membuat
Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7. Membuat
diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
8. Membantu
kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9. Membuat
presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10. Menyajikan
data secara tepat,rapi dan akurat
Kelebihan Ms. Excel
1. Menemukan
dengan cepat pola dalam data
2. Tepat
di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat
3. Kita
dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja
4. Co-Authoring
melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang
sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
5. The
PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif
seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi
set data besar dengan sampai jutaan baris.
Kegunaan Microsoft Exel yang
lain:
·
Dalam mengelola
data
Penggunaan
pengelolaan data biasanya digunakan untuk mencari nilai rata-rata, nilai
tengah, dan pencarian nilai max serta nilai min dari sebuah data.
·
Pembuatan Grafik
Microsoft
Exel dapat digunakan untuk membuat grafik pada tombol Toolbar Chart Wizart.
Kita bisa memilih grafik sesuai pilihan yang kita inginkan. Seperti bentuk
Lingkaran, kolom, diagram, garis, area, dan scatter. Kemudian kita dapat
memilihnya dengan cara mngklik pada Tab Custom Types. Pembuatan grafik ini
biasanya digunakan dalam pembuatan grafik perkembangan jumlah penduduk, grafik
penjualan sebuah toko, dll.
- Membantu
Proses Menghitung
Menghitung
tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja saat kita
bersekolah, saat kita melakukan transaksi jual-beli, maupun dalam penghitungan
data. Kini Microsoft Office telah menediakan suatu program untuk kita gunakan
menghitung. Baik perhitungan dasar maupun perhitungan yang kompleks.
- Membuat
Laporan Keuangan
Masalah
yang lebih kompleks yaitu pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak
sekali perhitungan. Laporan keungan ini sering kita jumpai pada
perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi resmi. Misalnya bank,
perusahaan-perusahaan, dll.
- Operasi
Tabel
Jumlah
baris yang tersedia pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah
kolomnya hingga 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan
input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
Bagian – Bagian Beserta Fungsi
Microsoft Excel
·
Office Button,
Berfungsi untuk membuka bagian yang berguna untuk mengakses fungsi-fungsi
·
umum yang
berkaitan dengan pengolahan dokumen di Office 2007. Seperti New, Open, Convert,
Save, Save As, Print, Publish, Close, Recent, Word Option, Exit Word.
·
Quick Access,
Tools yang berisi kumpulan tombol perintah (command button) yang relatif sering
digunakan. Contohnya Save, Undo, Redo, Open, New.
·
Title Bar,
Berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu
“Book1”.
·
Tombol Ukuran,
Berfungsi mengatur jendela suatu aplikasi, apakah Maximize, Minimize, atau
Close.
·
Menu Bar, Bagian
yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool. Menu default pada
Ms.Excel adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan
View.
·
Tool Bar, Bagian
yang berisikan tool (alat) untuk bekerja di Ms.Excel.
·
Name Box, Bagian
yang menampilkan nama lokasi sel yang sedang aktif.
·
Formula Bar,
Bagian yang berfungsi untuk memasukan rumus yang akan digunakan.
·
Column, Bagian
yang menampilkan bagian kolom yang ditandai dengan huruf alfabet.
·
Rows (Baris),
Bagian yang menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka.
·
Document Area,
Bagian lembar kerja Ms.Excel (yang mencakup kolom dan baris).
·
Active Cell (Sel
Aktif), Merupakan bagian yang berpotongan antara kolom dan baris.
·
Tab Worksheet,
Bagian yang menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat.
·
Insert
Worksheet, Bagian yang berfungsi untuk menambahkan Sheet (lembar) baru.
·
Vertical Scroll
Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke arah atas dan
bawah.
·
Horizontal
Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan
kiri.
·
Status Bar,
Bagian yang menampilkan status lembar.
·
Tampilan Layar,
Bagian yang berfungsi untuk mengganti tampilan lembar pada layar.
·
Zoom, Bagian
yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar.
0 komentar:
Posting Komentar