Selasa, 25 Agustus 2020

Cara Mengukur Atau Menguji Kecepatan Akses Internet Anda kls. 8 pertemuan 3



Kebutuhan pada akses internet bukan hal yang bisa ditawar lagi sekarang ini. Sepertinya kita sudah tidak bisa lepas dari kegiatan berinternet seperti bersosial online melalui jejaring sosial, mencari sumber informasi, bertransaksi online, mengunduh file atau software, streaming video atau musik dan lain sebagainya. Semua kegiatan berinternet dapat berjalan baik dan lancar bila akses ke internet juga baik.

Umumnya ISP akan mengklaim bahwa layanan internetnya adalah yang terbaik. Namun, cara paling tepat untuk bisa mengetahui adalah dengan mengambil paket layanan dari ISP tersebut dan menggunakannya. Bila ternyata layanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan, Anda dapat berhenti berlangganan dan berganti ke ISP lain.

ISP akan mencoba menjaring pelanggan dengan memberi tawaran harga lebih murah, diskon harga, ketersediaan pilihan paket dan kecepatan akses internet yang stabil, baik download maupun upload. Anda baru bisa membuktikan ketika sudah mengambil paket layanan internet dan menggunakan untuk beberapa waktu ke depan.

Sebenarnya, Anda dapat mengukur kecepatan akses internet melalui website yang menyediakan layanan untuk mengukur kecepatan internet. Ada cukup banyak website yang menyediakan layanan untuk mengukur atau menguji kecepatan internet secara gratis. Salah satunya adalah speedtest.net. Berikut ini adalah cara mengukur atau menguji kecepatan akses internet (download dan upload) dengan speedtest.net.

Buka browser dan kunjungi alamat website dengan url https://www.speedtest.net/ atau klik link (tautan) speedtest.net di atas. Tunggu sampai muncul tombol BEGIN TEST. Klik tombol tersebut untuk mulai mengukur kecepatan akses internet Anda. Tampilan halaman speedtest.net mungkin telah berubah atau berbeda ketika Anda mengunjungi halaman tersebut saat ini.

Mengukur atau menguji kecepatan akses internet Anda

SPEEDTEST sedang mengukur kecepatan mengunduh (download) internet Anda. Tunggu beberapa saat sampai proses mengukur selesai.

Mengukur atau menguji kecepatan akses internet Anda

SPEEDTEST sedang mengukur kecepatan mengunggah (upload) internet Anda. Tunggu beberapa saat sampai proses mengukur selesai.

Mengukur atau menguji kecepatan akses internet Anda

Setelah semua proses mengukur kecepatan baik mengunduh (download) maupun mengunggah (upload) selesai, SPEEDTEST akan menampilkan hasilnya. Di contoh ini, kecepatan download adalah 10.27 Mbps dan kecepatan upload adalah 10.73 Mbps.

Mengukur atau menguji kecepatan akses internet Anda


Nah gimana ada bayangan bagaimana mengetahui kecepatan internet kalian?

untuk itu mari kita praktekkan, berapa sih kecepatan internet di hp kalian....

silahkan tonton langkah-langkahnya di video di bawah ini.... 


Nah, kalau sudah dipraktekkan silahkan kalian screenshoot, hasilnya kalian kirim japri ya...


*** Selamat mempraktekkan ***

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

Author & Editor

Terima kasih sudah mampir di blog kami yang sederhana ini, semoga apa-apa yang kami hadirkan bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar