Senin, 18 Januari 2021

Cara Membuat Blog dengan Blogger.com

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

 

Cara Membuat Blog dengan Blogger.com dan Langkah Pemakaian Fitur Lainnya

Cara membuat blog ternyata sangat mudah. Akan tetapi, memang Anda perlu memahami berbagai macam jenis situs yang menyediakan layanan pembuatan blog tersebut. Salah satu situs yang melayani pembuatan blog secara gratis yang populer adalah Blogger.com yang saat ini dimiliki Google.

Blogger.com pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs, kemudian dibeli oleh Google pada 2003. Beberapa fitur yang ada di Blogger.com cukup mudah diikuti, terutama bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat blog tersebut.

Sebenarnya, untuk mempermudah cara membuat blog di Blogger.com, ada baiknya Anda sudah memiliki akun Gmail. Setelah itu, Anda bisa membuat akun di Blogger.com terlebih dahulu. Barulah setelah itu Anda bisa mulai melanjutkan beberapa cara membuat blog selanjutnya.

1. Cara membuat blog

Langkah awal cara membuat blog lewat Blogger adalah sebagai berikut:

1. Login ke Blogger (https://www.blogger.com/about/)

2. Di sebelah kiri, klik ikon Panah bawah.

3. Klik Blog baru.

4. Masukkan nama blog.

5. Klik Berikutnya.

6. Pilih URL atau alamat blog.

7. Klik Simpan.

2. Cara menambahkan halaman ke blog

Langkah kedua dari cara membuat blog adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Tampilkan halaman Anda

1. Login ke Blogger.

2. Di kiri atas, klik ikon Panah bawah.

3. Pilih blog yang akan diupdate.

4. Di menu sebelah kiri, klik Tata letak.

5. Di bagian tempat Anda ingin menampilkan halaman, klik Tambahkan Gadget.

6. Pada jendela yang muncul, di samping "Halaman", klik Tambahkan (+).

7. Tetapkan setelan Anda, lalu klik Simpan.

8. Di bagian kanan atas, klik Simpan pengaturan.

 

Langkah 2: Buat, edit, atau hapus halaman

1. Login ke Blogger.

2. Di kiri atas, klik ikon Panah bawah.

3. Pilih blog yang akan diupdate.

4. Di menu sebelah kiri, pilih Halaman.

Membuat halaman baru: Klik Halaman baru. Masukkan judul halaman dan informasi lainnya, lalu klik SimpanPratinjau, atau Publikasikan.

Membuat link ke situs lain: Klik Edit lalu Tambahkan link eksternal. Masukkan judul halaman dan URL, lalu klik Simpan Link.

Mengedit halaman: Di bagian halaman yang ingin Anda edit, klik Edit. Update halaman, lalu klik SimpanPratinjau, atau Publikasikan.

Menghapus halaman: Di bagian halaman yang ingin Anda hapus, klik Hapus lalu Ok.

 

Langkah 3: Pilih halaman yang akan ditampilkan

1. Di menu sebelah kiri, klik Tata Letak.

2. Pada bagian "Halaman", klik Edit.

3. Pilih halaman yang ingin Anda tampilkan.

4. Klik Simpan.

5. Di bagian kanan atas, klik Simpan pengaturan.

3. Cara Membuat, mengedit, mengelola, atau menghapus postingan

Setelah berhasil mengikuti langkah awal cara membuat blog, kini kamu bisa menulis postingamu di blog. Berikut ini caranya:

Menulis postingan baru

1. Login ke Blogger.

2. Klik postingan baru (+).

3. Buat postingan.

- Untuk memeriksa tampilan postingan Anda saat dipublikasikan, klik Pratinjau.

4. Simpan atau publikasikan postingan Anda:

Untuk menyimpan dan tidak memublikasikan: Klik Simpan.

Untuk memublikasikan: Klik Publikasikan.

 

Tambahkan label ke postingan Anda

Anda dapat menggunakan label untuk mengatur postingan. Pembaca dapat menggunakan label untuk memfilter konten yang mereka dapatkan.

1. Login ke Blogger.

2. Untuk membuka tampilan editor, klik postingan yang sudah ada atau klik Postingan baru (+).

3. Di sebelah kanan, klik ikon Label.

4. Masukkan label atau klik label yang ada.

- Untuk menambahkan lebih dari satu label ke postingan, pisahkan label dengan koma.

Tips: Di dasbor, Anda dapat menemukan label di samping judul.

 

Menjadwalkan postingan

​1. Login ke Blogger.

2. Di bawah nama blog, klik ikon Postingan lalu judul postingan yang ingin dipublikasikan.

3. Di sidebar kanan, di samping ikon Dipublikasikan pada, klik panah ikon Panah bawah.

4. Pilih Setel tanggal dan waktu.

5. Di kalender, pilih tanggal dan waktu, lalu klik Publikasikan.

- Jika Anda ingin menjadwalkan ulang postingan yang dipublikasikan, klik Kembalikan ke draf.

 

Untuk memposting melalui email

1. Buat email baru.

2. Di subjek email, masukkan judul postingan Anda.

3. Di isi email, masukkan postingan Anda.

- Untuk menandai akhir postingan Anda, masukkan #end.

- Untuk menyertakan gambar, lampirkan gambar ke email Anda.

4. Kirim email ke alamat email yang Anda buat: (namapengguna.[katarahasia]@blogger.com).

 

Cara Mengedit postingan

1. Login ke Blogger.

2. Di bawah nama blog, klik Postingan.

3. Klik judul postingan.

4. Buat perubahan.

- Untuk memeriksa tampilan postingan Anda saat dipublikasikan, klik Pratinjau.

5. Untuk postingan yang:

Telah dipublikasikan: Klik Perbarui atau Kembalikan ke draf.

Belum dipublikasikan: Klik Publikasikan atau Simpan.

 

Cara Menghapus postingan

​1. Login ke Blogger.

2. Di kiri atas, klik ikon Panah bawah.

3. Klik nama blog.

4. Arahkan ke postingan yang ingin Anda hapus. Saat postingan muncul, klik Hapus.

 

4. Menambahkan gambar dan video ke blog

Setelah mengetahui cara membuat blog, kini kamu bis aberkreasi dengan menambahkan gambar atau video dalam postinganmu. Berikut caranya:

Menambahkan gambar ke entri blog

1. Login ke Blogger.

2. Di kiri atas, klik ikon Panah bawah.

3. Pilih blog yang akan diperbarui.

4. Buat entri baru atau edit entri untuk menambahkan gambar.

5. Pada Editor Entri, klik Sisipkan gambar.

6. Pilih tempat asal gambar yang ingin Anda upload.

7. Pilih satu atau beberapa gambar untuk diupload.

8. Klik Tambahkan yang dipilih.

9. Jika gambar sudah ada dalam entri, klik untuk mengubah ukuran, teks, atau perataannya pada halaman.

 

Menambahkan video ke blog

1. Login ke Blogger.

2. Di kiri atas, klik ikon Panah bawah.

3. Pilih blog yang akan diperbarui.

4. Buat entri baru atau edit entri untuk menambahkan video.

5. Pilih Editor Entri, klik ikon Sisipkan video.

6. Pilih video yang ingin Anda gunakan.

 

Nah, itu tadi langkah-langkah cara membuat blog melalui blogger. Situs blog gratis ini terbilang cukup mudah bahkan seorang pemula bisa menggunakannya tanpa kesulitan berarti. Selamat membuat blog sendiri.


Tutorial Membuat Blog



Selasa, 12 Januari 2021

Materi Interaksi Manusia dan Komputer

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

APA itu IMK?

IMK atau Interaksi Manusia Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) adalah disiplin ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu.
Tujuan utama dari IMK adalah menghasilkan sistem komputer yang mampu digunakan dengan baik oleh pengguna (good usability) melalui desain antarmuka dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti memahami faktor-faktor yang membuat manusia menggunakan teknologi, mengembangkan teknik-teknik yang yang memungkinkan untuk membangun sistem yang sesuai dengan tujuan serta mencapi interaksi yang aman, efektif dan efisien.  Selain desain antarmuka, karakteristik manusia tentu saja sangat mempengaruhi IMK.

Kenapa IMK dibutuhkan?
Dari wikipedia, interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Melalui definisi tersebut dapat dilihat bahwa pengaruh interaksi sangat kuat bagi pelaku interaksi tersebut. Apabila dikaitkan dengan IMK, dapat dibayangkan seharusnya banyak sekali pengaruh desain antarmuka bagi para pengguna sistem
Desain antarmuka adalah media yang menjembatani kemampuan-kemampuan fungsionalitas sistem kepada pengguna. Selain itu, desain antar muka merupakan kendaraan yang akan membawa pengguna pada fungsi sistem yang ingin dilakukan olehnya. Hal-hal tersebut yang akan memberikan dampak langsung pada pengembang sistem, apalagi jika terkait dengan kustomer dan keutungan organisasi.
Layout, tampilan dan navigasi layar sistem akan memberikan efek bagi pengguna melalui banyak cara. Jika hal-hal tersebut memusingkan dan tidak efisien, maka pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjan mereka dan relatif melakukan lebih banyak kesalahan. Desain yang buruk akan membuat pengguna takut sehingga tidak akan kembali menggunakan sistem tersebut. Hal-hal tersebut apabila tidak dikelola dengan baik juga akan menyebabkan frustasi dan peningkatan stres pada pengguna serta lebih jauh lagi akan meperburuk kondisi keuangan pengguna dan organisasi. Pada beberapa sistem yang sangat riskan seperti traffic controlnuclear power plant, hal-hal tersebut akan berpengaruh bagi keselamatan pengguna dan masyarakat luas.
Bagi pengembang, tujuan dari rekayasa sistem adalah membuat kualitas hidup pemakai semakin baik. Desainer umumnya ingin membuat sistem interaktif berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru, lebih dalam dari sekadar gagasan user-friendly.

Fungsionalitas yang semestinya, seperti yang bisa anda lihat pada gambar sebelah kanan, merupakan salah satu aspek penting dalam tujuan rekayasa sistem yang terkait dengan IMK. Fungsionalitas yang dimaksudkan melingkupi :
  • Tugas-tugas apa yang harus dilaksanakan.
  • Tugas-tugas umum (sering) mudah ditentukan, namun yang jarang lebih sulit ditemukan.
  • Kelengkapan fungsionalitas.
Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam suksesnya pencapaian tujuan tersebut adalah :
  • Kehandalan : berfungsi seperti yang diinginkan.
  • Ketersediaan : tersedia ketika hendak digunakan.
  • Keamanan : terlindungi dari akses yang tidak diinginkan.
  • Integritas data : terlindung dari kerusakan baik sengaja atau tidak.
  • Standardisasi : keseragaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda.
  • Integritas : keterpaduan antara paket aplikasi dan software tools.
  • Konsistensi : keseragaman dalam suatu program aplikasi.
  • Integritas : dimungkinnya data dikonversi pada berbagai hardware dan software.
Situs Web dan IMK
Situs web merupakan salah satu aplikasi sistem komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain akses yang mudah dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah didapatkan melalui sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat terkait dengan desain antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan apabila informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs web tidak dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.
Situs web memiliki karakteristik yang berbeda dengan aplikasi komputer lainnya. Perbedaan itu dapat dilihat informasi dan navigasi yang menjadi fokus pengguna, redundansi data dan informasi yang begitu banyaknya sehingga terkadang tidak diketahui dari mana asalnya, interaksi yang umumnya hanya dengan melakukan klik sekali pada link, waktu respon dan sebagainya. Karakteristik-karakteristik tersebut yang harus diperhatikan selain karakteristik pengguna situs sendiri.
Situs web memiliki perkembangan yang luar biasa beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut disebabkan oleh mudahnya pembuatan situs web yang juga memudahkan pengguna internet dapat mengembangkan situs web yang mereka buat. Sayangnya, tidak banyak dari mereka yang memahami dan memperhatikan konsep IMK terkait dengan pencapaian informasi dan konten yang disampaikan oleh pengelola situs.


Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).

Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :

1. Teknik elektronika & ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna

3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer

4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja

5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya

6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah

7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

CPU vs Keyboard


Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.

Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi, antara lain :

1. Command line interface (perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos

2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu

3. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)

4. Question/answer and query dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll

5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll

6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.

sistem informasi

Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

Pengertian Interaksi
Komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

Definisi interaksi manusia dan komputer
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

Prinsip kerja komputer = input proses output
Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).

 Sejarah IMK:

  • Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
  • komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
  • Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.

Konsep
Usability merupakan salah satu faktor penting dalam IMK suatu situs web. Kemajuan teknologi menyebabkan pentingnya efektifitas, efesiensi dan kemudahan-kemudahan lainnya ketika pengguna internet mengujungi suatu situs.

Menurut Nielsen(2003), komponen-komponen yang membengaruhi usability antara lain :Usability

  • Learnability (Kemampuan Pembelajaran)
    • Seberapa mudah memperlajari suatu sistem.
    • Seberapa cepat untuk menguasai sampai menjadi mahir.
    • Bagaimana kemampuan pemakai mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu.
  • Throughput (Tolak Ukur Keluaran)
    • Seberapa cepat suatu tugas dikerjakan
    • Seberapa banyak kesalahan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai.
    • seberapa banyak orang yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan.
  • Flexibility (Keluwesan)
    • Seberapa besar kecocokan sistem dengan keahlian seorang pemakai.
    • Fleksibilitas sistem diubah untuk memenuhi jalan kerja yang berbeda atau perbedaan level dari suatu keahlian.
  • Attitude (Perilaku)
    • Kepuasan pemakai terhadap sistem.
    • Manfaat yang dirasakan oleh pemakai terhadap sistem.
    • Berapa lama sistem dipakai oleh pemakai.
Menurut Mandel(1994)  masalah-masalah usability yang umum terjadi antara lain :
  • Visualisasi yang buruk.
  • Informasi yang bisa dibaca mengalami kerusakan.
  • Komponen yang tidak dapat dimengerti.
  • Selingan yang mengganggu.
  • Navigasi yang membingungkan.
  • Navigasi yang tidak efisien.
  • Operasi yang tidak efisien.
  • Scrolling yang berlebihan atau yang tidak efisien.
  • Informasi yang berlebihan atau terlalu banyak.
  • Rancangan yang tidak konsisten.
  • Informasi yang tidak ter-update.
Perancangan antarmuka sistem merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum membuat antarmuka. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dari peracangan tersebut antara lain :
  • Penentuan sasaran masyarakat pemakai dan tugas-tugasnya sangat penting.
  • Desain yang baik bagi komunitas yang satu bisa tidak sesuai bagi komunitas lainnya.
  • Desain yang efisien bagi sekumpulan tugas dapat tidak efisien bagi kumpulan lainnya.
Mengacu pada hal-hal tersebut, berikut adalah langkah-langkah perancangan antarmuka sistem :
  • Tentukan pengunjung situs.
  • Pahami fungsi bisnis
  • Pahami prinsip-prinsip antarmuka dan rancangan layar yang baik.
  • Kembangkan system menu dan skema navigasi.
  • Pilih jenis windows yang tepat.
  • Pilih peralatan interksi yang tepat.
  • Pilih pengatur layar yang tepat.
  • Buat teks dan pesan yang jelas.
  • Berikan timbal balik yang efektif.
  • Berikan akses yang efektif.
  • Buat grafik, icon, dan gambar yang berguna.
  • Gunakan warna yang tepat.
  • Atur tataruang windows dan halaman.
  • Lakukan test.