Selasa, 12 Januari 2021

KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

Pengertian Komunikasi Data 

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet

Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:

Melalui Infrastruktur Terestrial : 

Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN Multiservice dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).

Melalui Satelit 

Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

  • Komunikasi Interpersonal

Komunikasi interpersonal menunjuk kepada komunikasi dengan orang lain. Komunikasi jenis ini dibagi lagi menjadi komunikasi publik, dan komunikasi kelompok kecil.

Contoh komunikasi interpersonal adalah melalui telepon, broadcast, email, remote login, file transfer, Hypertext transfer (HTTP),dll.

  • Tipe Komunikasi Data
    • Teks
    • Suara
    • Gambar
    • Video

Semua tipe data yang dapat disimpan dan diolah pada sebuah komputer dapat ditransfer melalui jaringan komputer.

  • Aplikasi Komunikasi Data :
  1. Fax
  2. Akses online sumber informasi:
    –Sistem informasi akademik
    –Website kampus
    –Katalogtokobuku
  3. Pengunduhan perangkat lunak
  4. E-mail
  5. Online chatting
  6. Video conference
  7. Belanja online
  • Perangkat Jaringan Komputer

1)      Alat : PC, Server, Wireless laptop, Smartphone, dll

2)      Jenis Kabel : Kabel Coaxcial, Kabel Tembaga, Kabel Fiber Optik

3)      Alat untuk meneruskan : Router dan Switch

  • Server

Komputer yang didedikasikan untuk menyediakan sejumlah layanan yang diperlukan

komputer lain (klien).Kebutuhan perangkat tergantung dari layanan yang disediakan

Contoh layanan: server mail  database,server mail,server file sharing

  • Router

Pengertian Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan atau network, baik jaringan yang menggunakan teknologi sama atau yang berbeda, misalnya menghubungkan jaringan topologi Bus, topologi Star atau topologi Ring.

Berfungsi: – Sebagai penghubung beberapa sub jaringan yang berbeda

–          Untuk meneruskan data pada sub jaringan yang berbeda

  • Switch
    switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC

Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge).

Berfungsi:– Sebagai penghubung beberapa perangkat pada sub jaringan yang sama

                 –Untuk meneruskan data pada sub jaringan yang sama

  • Modem
    Modem
     berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
    Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan nodem internal.

Modulator mengubah sinyal digital ke dalam sinyal analog sedangkan Demodulator mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, sehingga informas dapat dibaca dengan baik.

  • Access Point ( AP )

Digunakan pada jaringan nirkabel. Perangkat jaringan yang berisi transceiver (transmitter-receiver) dan menerima sinyal ke dan dari klien.Seringkali berfungsi juga sebagai router.

  • Jaringan Komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti HUB, Brigde, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Sebuah sistem yang terdiri dari sejumlah komputer yang dirancang untuk:

–Dapat berbagi sumber daya (misal: printer),

 –Dapatberkomunikasi(misal: e-mail, chatting), dan

–Dapat mengakses informasi (misal: web browser)

Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service)

  • Klasifikasi Jaringan Komputer
    1. Berdasarkan Letak Geografis
    A.  Local Area Network (LAN)

Hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah atau yang lebih kecil

B.Wide Area Network(WAN)

Mencakup area yang besar, seperti jaringan komputer antar wilayah, kota

 C.Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan komputer dalam suatu kota yang menggabungkan beberapa LAN.

Dengan jangkauan antara 10 s/d 50 km

2.      Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi

 A. Jaringan Terpusat
 Terdiri dari komputer klien yang mengakses sumber informasi yang berasal dari satu komputer server

 b.Jaringan Terdistribusi

 Perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien
   

3.      Berdasarkan Media Transmisi Data

A. Jaringan Berkabel (wired network)

Penghubung antar komputer menggunakan kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi untuk mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik

B. Jaringan Nirkabel(wireless network) 

Jaringan dengan media berupa gelombang elektromagnetik melalui udara. Gelombang elektromagnetik akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan

 4.      Berdasarkan Peranan Komputer

A. Jaringan Client-Server

Jaringan dengan beberapa komputer server dan klien

–Komputer klien berfungsi untuk mengakses data pada komputerserver

–Komputer server berfungsi untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer klien

B.Jaringan Peer-to-Peer

Setiap komputer bisa berperan sebagai klien dan atau server

 5.     Berdasarkan topologi jaringan

A.Topologi Bus

Dihubungkan dengan satu kabel dalam satu baris. Jika kabel putus maka komputer lain tidak dapat berkomunikasi

B.Topologi Star

Akses kontrol terpusat. Kerusakan pada satu kanal hanya akan mempengaruhi komputer tersebut. Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh komputer tidak dapat berkomunikasi.

C. Topologi Ring

Jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain tanpa komputer pusat. Setiap node berfungsi sebagai repeater.

D.Topologi Tree

Kombinasi karakteristik antara topologi star dan bus. Jaringan pada model ini bersifat hirarki. Dapat terbentuk suatu kelompok (subjaringan) pada setiap saat. Apabila node tertinggi tidak berfungsi, maka kelompok di bawahnya juga tidak berfungsi 

  • Permasalahan Dalam Komunikasi Data

1. Kecepatan transfer yang lambat

2. Teknik komunikasi yang kompleks

–Pengaturan lalu lintas data dalam jaringan

  • Mode Transmisi pada Komunikasi Data.
  • 1 Simplex

Transmisi hanya dapat dilakukan satu arah saja

2. Half Duplex

Transmisi dapat dilakukan dengan dua arah tapi tidak dalam waktu yang bersamaan

3. Full Duplex

Transmisi yang dapat dilakukan dengan dua arah dalam waktu yang sama

  • Protokol

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan,komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Protokol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara umum digunakan pada komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang.

  • Protokol Pada Jaringan Komputer

–          Ketika dua sistem komputer berkomunikasi melalui jaringan, yang terjadi adalah pertukaran pesan

–          Setiap perangkat jaringan harus berkomunikasi dalam struktur pesan yang sama

–          Oleh karena itu struktur pesan yang melalui jaringan sudah distandarisasi dan di deskripsikan dalam serangkaian aturan yang disebut sebagai protokol

  • Mengenali Komputer Pada Jaringan
  1. Diperlukan identitas unik untuk setiap komputer atau yang biasa disebut dengan alamat IP
  2. Alamat IP untuk setiap perangkat jaringan ditentukan dengan mekanisme subnetting
  • Jaringan Nirkabel

Jaringan nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi

Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radio, gelombang mikro, maupun cahaya inframerah.

Cara untuk menghubungkan sejumlah komputer tanpa menggunakan kabel dengan standar protokol IEEE 802.11

 

IEEE 801.1 1b

IEEE 802.1 1g

IEEE 802.1 1a

Frekuensi

2.4 GHz

2.4 GHz

5 GHz

Kec. Transfer Data

11 Mbps

54 Mbps

54 Mbps

Area Jangkauan

30 – 45 m

30 – 45 m

7 – 22 m

  • Jaringan Ad – Hoc

Jaringan Ad-hoc adalah salah satu jenis dari Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Setiap node pada jaringan ad-hoc memiliki interface wireless. Node-node dalam jaringan ad hoc bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah. Pada jaringan ad hoc setiap node tidak hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan seperti router. Oleh karena itu maka diperlukan sebuah routing protokol yang ditanamkan pada jaringan ad hoc tersebut. 

  • Membuat Jaringan Ad- Hoc dengan Laptop
  1. Aktifkan Wi-Fi pada laptop
  2. Klik start windows, ket ikan adhoc kemudian tekan tombol enter
  3. Selanjutnya akan muncul jendela Set Up an Ad-Hoc Network lalu klik Next
  4. Pada network name, isi dengan nama jaringan yang akan digunakan,
     contoh: korona
  5. Pilih security type: WEP,WPA2-Personal untuk memberi password,atau No authentication (Open) untuk tanpa password, kemudian klik next
  6. Setelah muncul jendela the korona network is ready to use, klik close
  7. Cek koneksi Wi-Fi dengan mengklik wireless icon pada taskbar sebelah kanan, akan terlihat status korona – waiting for users
  8. Pengaturan jaringan ad-hoc sudah selesai, selanjutnya gunakan laptop lain untuk melakukan koneksi dengan jaringan korona
  9. Jika ada laptop lain yang terhubung, maka status Wi-Fi akan berubah menjadi connected
  10. Selanjutnya, jaringan ad-hoc yang sudah terbentuk dapat digunakan untuk melakukan file sharing

Minggu, 10 Januari 2021

Prosedur Menyalakan dan Mematikan Komputer

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

 

Prosedur artinya sesuai dengan langkah dan tahapan-tahapan yang benar.  Kekuatan dan performa komputer dipengaruhi banyak hal salah satunya adalah bagaimana menyalakan dan mematikan komputer yang dipakai. 

A. Proses menyalakan komputer

Proses menyalakan komputer akrab disebut dengan booting  yang terdiri dari Cold Booting dan Warm Booting.

 Sebelum kita melakukan booting pastikan terlebih dahulu bahwa hal-hal dibawah ini sudah sesuai, adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pastikan semua perangkat komputer sudah terpasang dengan benar. 
2. Pastikan terdapat arus listrik dan masuk ke dalam stabilizer yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) dan monitor. 
3. Pastikan tidak ada perangkat komputer tambahan yang terpasang.

Setelah hal-hal tersebut sudah dilakukan maka selanjutnya kita bisa melakukan proses booting.

1. Cold Boot

Cold atinya dingin jadi cold boot maksudnya adalah menjalankan komputer dimana komputer dalam keadaan masih dingin atau dalam keadaan mati. 

Adapun langkah-langkah untuk melakukan cold booting adalah sebagai berikut: 

- Komputer dalam keadaan mati 
- Tekan tombol Power pada CPU (Central Processing Unit) 

  

- Tekan tombol Power pada Monitor

  

- Tunggu hingga proses booting selesai sehingga muncul tampilan desktop seperti gambar dibawah ini.


2. Warm Boot

Warm boot artinya menjalankan komputer sedangkan komputer dalam keadaan nyala atau hidup, warm boot dilakukan ketika terjadi masalah pada komputer misal hank, error  yang disebabkan oleh system crash, terinfeksi firus atau penyebab yang lainnya, ciri komputer dalam bermasalah diantaranya adalah tidak bisa bekerjanya mouse dan keyboard.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan warm boot adalah sebagai berikut: 

- Komputer dalam keadaan jalan/hidup 
- Tekan tombol Reset pada CPU (Central Processing Unit) 
- Komputer akan mati sebentar kemudian hidup kembali dan melakukan booting 
- Setelah booting selesai maka komputer biasanya akan melakukan scandisk karena mematikan komputer dengan paksa atau tidak sesuai dengan procedure. 
- Akan tampil proses scandisk, tunggu sampai proses scan complete 100%

 
- Komputer akan normal kembali.


B. Proses Mematikan Komputer 

Jika kita telah selesai menggunakan komputer maka kita harus mematikan komputer tersebut sesuai dengan prosedur, karena jika tidak mematikan komputer tidak sesuai prosedure maka biasanya akan berdampak pada kerusakan alat pada komputer terutama hardisk. Kerusakan hardisk ini juga bisa disebabkan karena listrik yang tiba-tiba padam atau mati, mematikan komputer dengan cara mencabuk kabel power pada listrik dan lain sebagainya.  

 Ketika kita mengoperasikan komputer dengan sejumlah software yang terbuka, maka diharuskan untuk menutup semua software tersebut. Dalam mematikan komputer sesuai prosedure ada 2 jenis langkah yang bisa dilakukan yaitu melalui Desktop dan Keyboard. 

 1. Shutdown melalui Desktop 

 Proses shutdown komputer melalui desktop harus menggunakan bantuan mouse dengan langkah-langkahnya sebagai berikut : 

 - Pastikan semua program atau aplikasi sudah tertutup - Klik Star pada taskbar - Klik Turn Off Computer - Tunggu beberapa saat sampai muncul gambar pilihan - Pilih dan klik Turn Off - Tunggu sampai CPU (Central Processing Unit) mati dengan sendirinya - Setelah CPU mati, kemudian matikan monitor dengan cara menekan tombol power pada monitor. 

Perhatikan gambar diawah ini: 


 2. Shutdown melalui Keyboard 

 Untuk melakukan Shut down atau mematikan komputer melalui Keyboard langkahlangkahnya adalah sebagai berikut: 

- Pastikan semua program atau aplikasi sudah tertutup 

- Tekan tombol Alt+F4 pada keyboard,  

- Akan muncul Turn Off Computer pada desktop 

- Tekan huruf yang bergaris bawah pada pilihan Turn Off Computer 

- Untuk Shutdown, maka tekan huruf U 

- Tunggu hingga CPU (Central Processing Unit) mati dengan sendirinya 

- Matikan monitor dengan menekan tombol power pada monitor. 


Perhatikan gambar dibawah ini : 


 Keterangan: 

o Hibernate adalah Berfungsi untuk mengakhiri pekerjaan dan mematikan komputer, namun ketika komputer dihidupkan kembali, komputer akan secara otomatis akan menampilkan kembali pekerjaan yang terakhir di lakukan. 
o Stanby adalah Berfungsi untuk mengistirahatkan komputer sementara 
o Turn Off adalah  Berfungsi untuk mematikan komputer 
o Restart adalah Berfungsi untuk melakukan booting ulang 

 

Jumat, 08 Januari 2021

8 Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

Algoritma merupakan proses atau langkah-langkah logis yang tersusun secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah. Dengan kata lain algoritma digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Setidaknya ada 3 bentuk algoritma yang bisa dibuat yaitu, flowchartpseudocode dan bahasa natural, Kali secara khusus akan saya bahas 8 contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa natural.

Memahami persoalan komputasi dan mengusulkan solusinya

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

Berpikir Komputasional (Tematis)

Computational thinking atau berpikir komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangkan suatu metode pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif, berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik kunci pendekatan, yaitu:

Pertama, Dekomposisi. Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan.

Contoh:
Dalam pembuatan produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. 

Metode dekomposisinya :
1. Produk makanan ringan seperti apa yang akan dibuat ?
2. Apa rasa yang akan diberikan ?
3. Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disediakan ?
4. Apa packaging yang digunakan ?
5. Bagaimana cara produksinya ?
6. Siapa saja yang menjadi target pasarnya ?
7. Apa strategi pemasaran yang dilakukan ?

Kedua, Pengenalan pola. Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya.

Contoh :
Perhatikan barisan angka berikut : 2 6 10 14 18 ?

Penyelesaian : dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah 22

Ketiga, Abstraksi. Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi.

Contoh :

Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA.

Penyelesaian :
Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan favorit.

Keempat, Berpikir algoritma. Berpikir algoritma adalah cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memecahkan masalah.

Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari

Instal aplikasi android melalui playstore

  1. Mulai
  2. Masuk ke aplikasi playstore
  3. Cari aplikasi pada mesin pencari dibagian header (atas)
  4. Sistem menampilkan daftar aplikasi sesuai kata kunci yang dicari
  5. Pilih aplikasi yang dikehendaki
  6. Klik tombol download
  7. Proses download berjalan
  8. Jika gagal maka akan muncul pesan download kembali, jika sukses muncul tombol instal
  9. Klik tombol Instal
  10. Tunggu hingga instalasi selesai
  11. Selesai

Berobat ke rumah sakit bagi peserta BPJS

  1. Mulai
  2. Datang ke rumah sakit
  3. Lakukan pendaftaran
  4. Mendapat nomor antrian
  5. Melakukan pemeriksaan dasar oleh perawat
  6. Menunggu pemeriksaan selanjutnya oleh dokter
  7. Pasien diperiksa oleh dokter
  8. Dokter memberikan resep
  9. Pasien mendapatkan obat sesuai resep
  10. Selesai

Silahkan klik link contoh algoritma di bawah ini :

https://kurikulumpgrikramatwatu.blogspot.com/2021/01/8-contoh-algoritma-dalam-kehidupan.html 

Selasa, 05 Januari 2021

Koneksi perangkat ke jaringan - Kls.8 smt

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu


 

Alat yang Dibutuhkan untuk Terhubung dengan Internet

Terhubung ke Internet memiliki banyak manfaat, seperti, membayar tagihan secara online, memeriksa email, mengirim pesan kepada teman, mempostingdi forum, dan banyak lagi. Lantas, bagaimana cara untuk membuat komputermu online? Tidak perlu bingung, berikut informasi alat yang dibutuhkan untuk terhubung dengan internet yang perlu kamu ketahui!

Apa yang kamu butuhkan untuk terhubung dengan internet?

Untuk terhubung ke Internet, kamu memerlukan empat hal berikut:

  1. Komputer
  2. Modem dan saluran telepon (jika kamu menggunakan akses dial up) atau jalur data (jika kamu tidak menggunakan akses dial up)
  3. Browser Internet (perangkat lunak) dan perangkat lunak untuk menghubungkanmu ke ISP
  4. Akun dengan Internet Service Provider (ISP)

Keempat hal tersebut bekerja bersama dengan cara berikut:

  1. Komputer itu penting
  2. Modem diperlukan jika kamu menggunakan saluran telepon untuk mengakses Internet. Modem menerjemahkan bahasa yang digunakan komputer untuk berbicara dalam bahasa yang dapat melakukan perjalanan melintasi saluran telepon, dan sebaliknya.
  3. ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet. Kamu dapat mengakses ISP melalui saluran telepon, dan ISP akan menghubungkanmu ke Internet. ISP menyediakan e-maildan akses ke Internet. Kamu bisa memiliki akun di ISP dengan membayar sejumlah besar uang per bulan sebagai imbalan untuk mengakses Internet melalui ISP. Akun ini akan datang dengan nama pengguna dan kata sandi yang kamu gunakan untuk masuk ke Internet.

Perangkat keras lain yang kamu perlukan

  1. Access Point. Perangkat keras jaringan komputer yang penting dalam melakukan akses internet dan berfungsi memancarkan sinyal nirkabel dari ISP. Fungsinya sama seperti modem, namun lebih dikenal dengan hotspot.
  2. Kabel jaringan. Banyak digunakan sebagai home broadband pada rumah dan perkantoran. Banyak jenis kabel jaringan komputer dapat dipilih oleh user sesuai dengan kebutuhan serta ruang lingkup. Dengan begitu, berbeda ruang lingkup berbeda pula jenis kabel yang dipakai.
  3. Server. Perangkat keras yang dibuat sebagai pusat data dan sangat penting dalam jaringan komputer dan internet.
  4. Router. Perangkat keras yang berfungsi melakukan proses penghalaan dan penyaluran koneksi internet melalui protokol.
  5. Wireless Network Adapter. Perangkat keras di komputer user yang melakukan akses internet dan dibutuhkan agar device bisa menangkap sinyal wireless yang dipancarkan oleh access point
  6. Port USB. Dalam koneksi jaringan internet, Port USB adalah salah satu perangkat keras komputer yang vital. Dengan port USB, user bisa melakukan akses internet di device dengan menggunakan USB Stick modem. 


Lot software

Kamu memerlukan dua lot perangkat lunak untuk terhubung ke Internet. Yang pertama adalah perangkat lunak yang menghubungkanmu ke ISP-mu. Perangkat lunak ini berbeda untuk setiap ISP. Beberapa ISP akan memberimu disk dengan perangkat lunak koneksi di dalamnya. ISP lain akan menggunakan perangkat lunak penghubung yang datang dengan sistem operasi Windows 7, 8 dan 10. Mereka akan memberimu pengaturan untuk dimasukkan ke dalam perangkat lunak ini.

Lot perangkat lunak kedua yang kamu butuhkan adalah Browser. Peramban membuka dan mendapatkan halaman web dan menampilkannya di komputer. Dua browser yang paling populer dan umum digunakan adalah Chrome dan Mozilla Firefox. Browser ini juga menyediakan perangkat lunak untuk email dan membaca newsgroup Usenet. Jika kamu memiliki peramban yang hanya peramban, kamu juga akan memerlukan perangkat lunak untuk e-mail dan untuk membaca newsgroup.

Itulah alat yang dibutuhkan untuk terhubung dengan internet. Semoga bermanfaat!