1.
Algoritma adalah prosedur yang berisi langkah
demi langkah untuk sebuah perhitungan. Hal ini juga bisa berarti urutan atau
langkah-langkah dalam perhitungan untuk menyelesaikan sebuah masalah yang
ditulis dalam sebuah urutan.
2. Algoritma sendiri memiliki beberapa ciri
penting agar bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah. Adapun ciri-ciri yang
dimaksud subagai berikut.
a. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan
sejumlah langkah tertentu.
b. Setiap langkah harus didefinisikan dengan
tepat dan tidak ambigu.
c. Algoritma memiliki masukan berjumlah nol atau
lebih.
d. Algoritma memiliki keluaran berjumlah nol atau
lebih.
e. Algoritma harus efektif. Maksudnya setiap
langkah yang tertulis harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu singkat
dan masuk akal.
3. Pemrograman adalah proses membuat suatu
program dengan algoritma dan bahasa pemrograman.
4. Visual Basic pada dasarnya adalah bahasa
pemograman komputer. Bahasa pemograman adalah perintah-perintah atau instruksi
yang dimengerti oleh komputer. untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
5. Visual Basic mempunyai beberapa kemampuan atau
manfaat sebagai berikut.
a. Untuk membuat program aplikasi berbasis
Windows.
b. Untuk membuat objek-objek pembantu program
seperti control Activex, File, Help, Aplikasi internet dan sebagainya.
c. Menguji program dan menghasilkan program akhir
berakhiran EXE yang bersifat Executable, atau dapat langsung dijalankan.
6. Jendela Visual Basic atau sering juga disebut
lingkungan kerja Visual Basic mempunyai tampilan yang hampir sama dengan
tampilan jendela program aplikasi Windows yang sudah kita kenal, seperti Word,
Excel, dan Power Point. Di aplikasi visual basic terdapat menu-menu dan toolbar
yang memuat icon-icon dan tombol-tombol untuk menjalankan perintah-perintah.
Perbedaannnya, Visual Basic mempunyai beberapa tambahan komponen, yaitu
Toolbox, Windows Project, dan Windows Properties.
7. Dalam membuat project aplikasi di Visual
Basic, secara umum ada beberapa hal yang harus kita lakukan.
a. Membuat deskripsi/algoritma program.
b. Merencanakan tampilan program.
c. Menempatkan komponen dan mengatur properti.
d. Menambahkan kode program.
e. Menguji dan menyimpan program.
0 komentar:
Posting Komentar