Senin, 27 Juli 2020

Operasi Dasar Komputer Kelas 7 ~ Bab 1



1. Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Unit komputer terdiri dari bagian-bagian pemakai (user atau brainware), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software).

2. Istilah lain untuk menghidupkan komputer adalah booting. Booting merupakan  proses awal mengaktifkan komputer. Proses booting dibedakan menjadi dua sebagai berikut.

a.  Booting Dingin (Cold Boot), yaitu proses mengaktifkan komputer yang dimulai dari saat komputer dalam keadaan mati atau Off. Hal yang perlu diperhatikan dalam menghidupkan komputer sebagai berikut.

1)  Pastikan bahwa unit komputer telah terhubung secara benar dengan arus listrik

2)  Pastikan pula tidak ada disket pada Floppy drive (jika menggunakannya).

3)  Hidupkan komputer dengan cara menekan tombol power pada CPU dan hidupkan pula monitor dengan menekan tombol power monitor.

4)  Tunggu beberapa detik hingga komputer selesai melakukan proses booting.

5)  Setelah proses booting selesai, komputer akan menampilkan dekstop sebagai tanda komputer siap digunakan.

b.  Warm Boot, yaitu booting yang dilaksanakan pada saat komputer sedang dijalankan atau aktif/On. Komputer diaktifkan melalui proses warm boot dilakukan apabila komputer mengalami gejala hang saat menjalankan suatu software aplikasi. Hang adalah saat di mana komputer dalam keadaan aktif, namun tidak bisa digunakan untuk melakukan perintah. Untuk mengembalikan komputer yang hang ke kondisi semula (resource dan addressing) dilakukan proses setting ulang (resetting) dengan warm boot. Cara melakukan resetting dengan warm boot, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Bila komputer dalam kondisi normal (tidak hang), warm boot dapat dilakukan dengan memilih tombol restart pada pilihan Turn Off Computer atau Shut Down.

3. Untuk mematikan komputer ada beberapa cara yang dapat kamu pilih sebagai berikut.

a.  Menggunakan Mouse

     Kamu dapat melakukan cara-cara berikut ini untuk mematikan komputer menggunakan mouse.

1)  Klik tombol Start pada taskbar - Klik pilihan Shutdown.

2)  Selanjutnya, muncul kotak dialog Shutdown. Untuk mematikan komputer klik tombol Shutdown.

3)  Tunggu beberapa detik hingga komputer padam. Jika komputer Anda tidak padam secara otomatis, coba tekan tombol power yang ada pada casing komputer dan tunggu sekitar 7 detik hingga komputer padam.

4)  Matikan monitor dan jika menggunakan stabilizer, matikan stabilizer paling akhir, kemudian cabutlah kabel catu daya dari stop kontak.

b.  Menggunakan Keyboard

     Kamu dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard untuk mematikan komputer. Kombinasi tombol keyboard disebut shortcut atau jalan pintas. Salah satu shortcut yang dapat kamu coba sebagai berikut.

1)  Gunakan keyboard dan tekan tombol Ctrl+Esc (tekanCtrl dan tahan, kemudian tekan tombol Esc).

2)  Gunakan tombol panah atas lalu pilihlah Shutdown. Setelah itu, tekan tombol Enter.

3)  Tekan tombol Tab, pilihlah Shutdown, kemudian, tekan Enter.

4. Dalam bahasa Inggris, sistem ini dikenal dengan istilah Operating System (OS). Sistem operasi adalah salah satu perangkat yang memastikan kerja perangkat keras bisa berjalan sebagaimana mestinya sekaligus menjalankan fungsi software. Peran sistem ini sangatlah penting untuk menjembatani kerja dari hardware ke perangkat lunak. Tanpa adanya OS, maka aplikasi yang ada di gadget dan komputer tidak bisa dijalankan karena prosesnya terhenti pada tahap awal.

5.  Saat ini terdapat beberapa sistem operasi komputer yang paling sering digunakan. Sistem operasi tersebut, yaitu DOS, mac OS, Windows, Linux, dan Unix.

6. Folder adalah wadah untuk menyimpan program dan file, mirip dengan folder dalam lemari arsip. Folder Dokument adalah lokasi utama di Windows 7 di mana anda menyimpan file anda. Namun, ada beberapa folder khusus, seperti gambar dan music, dirancang dengan fitur khusus untuk menyimpan tipe tertentu file. Berikut hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan file dan folder di Windows 7.

a.  Membuka dan melihat jendela computer dengan langkah: Klik Start - Klik Computer.  

b.  Berikut cara menamai sebuah file atau folder.

1)  Klik “Windows Explorer” di dalam taskbar.

2)  Klik “New Folder” pada toolbar atau klik kanan mouse pilih “New Folder”.

3)  Ketikan nama lalu Enter.

c.  Adapun langkah-langkah menghapus folder sebagai berikut.

1)  Klik kanan mouse di atas folder yang akan dihapus.

2)  Klik Delete. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Confirm Folder Delete.

3)  Klik Yes.


Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

Author & Editor

Terima kasih sudah mampir di blog kami yang sederhana ini, semoga apa-apa yang kami hadirkan bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar