Senin, 27 Juli 2020

Internet dan Jaringan Komputer Kelas 9 ~ Bab 3



1.  Program Excel memiliki empat jenis operasi yang berbeda, yaitu aritmatika, per­bandingan, penggabungan teks, dan acuan.

a.  Operasi Aritmatika

     Operasi aritmatika ini digunakan untuk membentuk operasi-operasi dasar seperti penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, eksponensial, persentase, dan penggabungan bilangan. Berikut ini adalah tanda operasi aritmatika dalam Excel.

Simbol Operasi

Operasi

Contoh

Hasil

+

Penjumlahan

5 + 8

13

Pengurangan

9 – 6

3

-

Negasi

-12

-12

*

Perkalian

5 * 34

170

/

Pembagian

36 / 9

4

^

Eksponensial

2 ^ 3

8

%

Persentase

25%

0,25

&

Penggabungan

4 & 5

45

 

b.  Operasi Perbandingan

     Operasi perbandingan digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Hasil perbandingan tersebut berupa nilai logika, yaitu true atau false. Berikut ini adalah tanda operasi perbandingan dalam Excel.

Tipe Perbandingan

Simbol

Contoh

Hasil

Sama denga

=

5 + 8

False

Lebih besar dari

> 

9 – 6

True

Lebih kecil dar

< 

-12

False

Lebih besar sama denga

>=

5 * 34

True

Lebih kecil sama denga

<=

36 / 9

False

Tidak sama denga

<> 

2 ^ 3

True

2.  Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan secara umum, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini.

3. Menurut Donald E. Knuth, dari pengertian algoritma diatas dapat diketahui bahwa sebuah algoritma yang baik yaitu algoritma yang mempunyai kriteria sebagai berikut :

a. Masukan (Input)

     Algoritma mempunyai input 0 (nol) atau lebih

b.  Keluaran (Output)

     Algoritma harus menghasilkan atau mengeluarkan minimal 1 output.

c. Terbatas (Finite)

     Algoritma harus berhenti setelah melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

d. Pasti (Definite)

     Algoritma harus jelas kapan dimulai dan berakhir. Tujuan dari algoritma harus jelas. Setiap langkah-langkah harus dijelaskan dengan jelas.

e. Efisien

     Membuat sebuah algoritma haruslah efisien. Adanya langkah seperti mencari hasil 1 + 0 tidak efisien. Hal ini karena bilangan apapun itu jika ditambah dengan nol maka hasilnya ialah bilangan itu sendiri. Sehingga adanya langkah seperti itu tidak perlu dimasukkan ke dalam sebuah algoritma.


Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

Author & Editor

Terima kasih sudah mampir di blog kami yang sederhana ini, semoga apa-apa yang kami hadirkan bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar