Selasa, 21 Juli 2020

Internet Dan Jaringan Komputer Kelas 8 ~ Bab 1



1.  Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). Adapun network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antarkomputer. Gambaran sederhana dari internet adalah beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Kemudian, sejumlah network (jaringan komputer) digabung dan dihubung-hubungkan lagi sehingga jadilah internet. Jadi, pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Adapun pengertian internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan intranet.
2.  Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung-hubungkan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Sebuah jaringan, biasanya terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling berhubungan, saling berbagi sumber daya, dan saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer tersebut dapat terhubung oleh media kabel (wireline) ataupun dengan media tanpa kabel (wireless). Media tanpa kabel menggunakan gelombang radio atau frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai pengantar informasi.
3. Koneksi internet yang digunakan oleh setiap pengguna tentunya berbeda-beda, sesuai kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Kalau kita kelompokan, koneksi internet yang digunakan terdiri dari dua jenis, yaitu koneksi internet dengan menggunakan kabel dan nirkabel (wireless).

Supra ~ SMP PGRI Kramatwatu

Author & Editor

Terima kasih sudah mampir di blog kami yang sederhana ini, semoga apa-apa yang kami hadirkan bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar